Senin, 09 September 2013

PNPM-MPd Tana Toraja tingkatkan Kapasitas Tenaga Pelatih Masyarakat

Peningkatan kapasitas merupakan salah satu agenda penting dan strategis dalam proses pemberdayaan masyarakat. Hakekat pemberdayaan masyarakat adalah upaya sistematis untuk meningkatkan dan mengembangkan kesadaran kritis. Salah satu yang dilakukan adalah peningkatan kapasitas masyarakat untuk berprakarsa dan bertindak dalam meningkatkan kondisi kehidupan dan mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Strategi peningkatan kapasitas salah satunya ditempuh melalui kegiatan pelatihan. Pelatihan merupakan rangkaian proses kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan dan mengembangkan kesadaran kritis, pola fikir, sikap, kemampuan dan peran dalam proses perubahan. 

Untuk mewujudkan peningkatan kapasitas tersebut, maka PNPM-MPd Kabupaten Tana Toraja menyelenggarakan TOT Tenaga Pelatih Masyarakat (TPM) selama 6 hari (9-14 September 2013) di Aula Hotel Sangalla', Tana Toraja, yang diikuti oleh 40 peserta dari 19 Kecamatan. Kegiatan Pelatihan bagi TPM ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Pelatihan TPM yang sebelumnya di danai melalui DOK RBM. Kegiatan Pelatihan TPM ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Lembang (BPMPL) Kab. Tana Toraja, Yurinus Tangkelangi', SH, MH. Dalam Sambutannya, Yurinus menyampaikan pentingnya TPM dalam meningkatkan kemampuan keberdayaan masyarakat. "Kita berharap melalui pelatihan ini kemammpuan masyarakat akan terus mengalami peningkatan."terang Yurinus.

Sementara itu ketua panitia, Daud Brony, menyampaikan bahwa Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Tenaga Pelatih Masyarakat di setiap lokasi PNPM-MPd yang mempunyai kompetisi khusus. 
“Melalui Pelatihan TPM ini, kita akan mencetak Tenaga-tenaga Pelatih masyarakat sebagai tenaga pelatih lokal yang tersebar di 19 kecamatan,” terangnya. "Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 6 hari, yaitu sejak tanggal 9 - 14 September 2013. Dan materi-materi yang disajikan dalam kegiatan ini antara lain teknik fasilitasi pelatihan, Pengelolaan sebuah pelatihan, Teknik Komunikasi dan beberapa materi lainnya yang berhubungan dengan tugas-tugas TPM sesuai dengan TUPOKSInya. Dan Pemateri / Narasumber sebagian besar berasal dari Fasilitator PNPM-MPd Kab. Tana Toraja"Tambah Daud. 
Ditempat yang sama, Faskab Tana Toraja, Ir. M. Amal Alba menyampakan harapannya agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan sampai selesai, agar materi yang diterima tidak sepotong-sepotong.

1 komentar:

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!