Minggu, 20 Oktober 2013

FT DESA 3 KECAMATAN DI TANATORAJA, TERIMA GEMBLENGAN DARI FK/FT KECAMATAN.

Semenjak masuknya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) ke Lembang/Kelurahan, pembangunan sarana fisik dan infrastruktur Lembang/Kelurahan kian hari kian menampilkan perubahan. Bangunan sekolah, jalan rabat, irigasi, jembatan, posyandu, tembok penahan tanah dan serangkain program lainnya seringkali membantu membantu masyarakat keluar dari masalah. Hanya saja apapun program yang hendak diterapkan selalu perlu dibarengi dengan peningkatan kapasitas para pelaksana progam. 

Dalam rangka meningkatkan kapasitas masyarakat Lembang/Kelurahan itulah maka 3 kecamatan di Tana Toraja (masing-masing : Kec. Rembon, Kec. Makale Selatan, dan Kec. Malimbong Balepe'), secara bersama melaksanakan pelatihan Kader Teknik yang bertempat di Aula Kecamatan Rembon. Kegiatan Pelatihan Kader Teknik ini secara resmi dibuka oleh Camat Rembon, Welem Balalembang. SP, didampingi oleh Asisten Fasilitator Kabupaten Tana Toraja, Syafaruddin. Acara Pembukaan pelatihan Kader Teknik ini juga dihadiri para Fasilitator Teknik dan Pemberdayaan dari 3 kecamatan penyelenggara pelatihan, yaitu Kec. Rembon, Kec. Makale Selatan, dan Kec. Malimbong Balepe'.
Camat Rembon dalam sanbutannya menyampaikan kepada para peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, dan benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu, khususnya ilmu keteknikan.
Ditempat yang sama, Asisten Fasilitator Kabupaten Tana Toraja, Syafaruddin, SP, ketika dimintai tanggapan mengenai pelatihan ini, mengungkapkan bahwa Kegiatan pelatihan ini merupakan serangkaian dari program Peningkatan Kapasitas yang menjadi program dalam PNPM-MPd guna memberikan pengetahuan dibidang keteknikan kepada para kader yang ada dimasing-masing Lembang/Kelurahan.
"Para kader teknik ini bertugas mengawasi segala pembangunan yang bersifat fisik yang ada bersumber dari dana pusat melalui program PNPM-MPd bisa terarah dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat" Jelas Syafaruddin.
Sementara itu, Rahmat Hidayat, Fasilitator Teknik Kecamatan Rembon mengungkapkan, tujuan dari kegiatan pelatihan atau penguatan kapasitas ini adalah memberikan pengetahuan praktis-teknis tentang kegiatan fisik, survey, sampai dengan pembuatan RAB ( Rancangan Angaran Biaya) dan design bagi kader teknik Lembang/Kelurahan.
”Dengan pelatihan yang dijadwalkan akan berlangsung selama 6 hari ini (21-26 Oktober2013), para peserta diharapkan sudah bisa membuat design dan RAB sendiri, sesuai dengan usulan mereka dan kemudian menjadi usulan dari Lembang/Kelurahan mereka masing-masing,” ungkap Rahmat, yang diamini oleh Aswan B, Randa (FT Kec. Makale Selatan), dan Deddy L. Sombolinggi (FT Kec. Malimbong Balepe').
"Secara garis besar materi-materi yang akan disajikan dalam pelatihan Kader teknik kali ini meliputi Refleksi Tupoksi Kader Teknik, Teknik Pengukuran dan Pembuatan Design dan RAB, kemudian praktek lapangan".tambahnya.


[Fuad. A]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!