Rabu, 25 Februari 2015

Penyandang Cacatpun Nikmati Surplus UPK Makale Utara

Penyandang Cacat, Agustina (16 thn) Kelurahan Sarira
Untuk tahun 2014 Kecamatan Makale Utara, Kab. Tana Toraja berhasil meraup surplus dana bergulir sebesar Rp 251.128.600. Dari laba bersih tersebut Rp.11.382.000 digunakan untuk dana sosial bagi penyandang cacat.

Ketua UPK Kec. Makale Utara, Ruth Y. Padang, mengatakan dari besaran bunga yang berhasil didapat, pihaknya menyisahkan dana untuk bantuan sosial bagi penyandang cacat yang berada di Kecamatan Makale Utara. ''Pencatatan dan pendataan terhadap para penyandang cacat ini kita lakukan bersama dengan aparat Pemerintah Desa dibantu kader pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) yang ada dimasing-masing Desa, serta para pelaku kecamatan ,'' jelasnya.

Helena (29 thn)
Ditambahkan Ruth, untuk tahun ini masing-masing penyandang cacat menerima bantuan sosial sebesar Rp.250.000/orang dan akan dibagikan untuk 46 orang penyandang cacat di wilayah kecamatan Makale Utara.

''Bantuan ini jangan dilihat dari jumlah besarannya akan tetapi dilihat dari wujud kepedulian UPK itu sendiri dimana program ini, pelaksanaanya direncanakan oleh masyarakat, dilaksanakan oleh masyarakat dan diawasi langsung oleh masyarakat,'' papar Ruth.

Di tempat yang sama Ketua BPUPK Kec. Makale Utara Sande Rupang menyampaikan apresiasinya kepada Pengurus UPK Kec. Makale Utara yang dikomandani oleh Ruth Y. Padang, sebagai Ketua, Rini Demmanaba sebagai Bendahara, dan Herman Pabuba sebagai Sekretaris atas pengelolaannya terhadap dana bergulir sehingga dapat menghasilkan surplus yang juga dapat dinikmati oleh penyandang cacat.

Ira (26 thn)
 ''Dari hasil keuntungan SPP tahun 2014 mereka memperoleh suplus, dari hasil suplus tersebut disepakati dalam Musyawarah Pertanggungjawaban UPK bahwa Dana Sosial tersebut akan diperuntukkan bagi penyandang cacat yang ada di daerah tersebut,'' jelas Sanda Rupang.

Penyaluran dana sosial bagi penyandang cacat di wilayah Kecamatan Makale Utara Hari I dilaksanakan hari ini, Rabu, 25 Februari 2015 di 2 Kelurahan, yakni kelurahan Sarira dan Kelurahan Lemo.

Penyaluran hari I ini dihadiri oleh Ketua BPUPK Sanda Rupang, Pengurus BKAD, Ludya Ronda dan Tim Verifikasi Perguliran Herniaty Allobua. (Fuad .A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!