Sabtu, 30 Juni 2012

PNPM MPd KAB. TANA TORAJA GELAR PELATIHAN UPK & PL Se-KAB. TANA TORAJA


Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) merupakan program nasional kemiskinan yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat melalui upaya menciptakan / meningkatkan kapasitas masyarakat terkait upaya peningkatan kualitas hidup, dan tercapainya kesejahteraan serta kemandirian masyarakat
Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kinerja para pengelola UPK dan PL pada kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan, maka PNPM Kab. Tana Toraja, menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dan Pendamping Lokal (PL) se Kab. Tana Toraja.

"Peningkatan Kapasitas UPK Menuju Kemandirian Pengelolaan Dana Bergulir yang Efektif", merupakan thema yang diusung oleh Panitia Pelaksana Pelatihan UPK se- kab. Tana Toraja. Sementara itu "Peningkatan Kapasitas PL menuju kemandirian perencanaan dan pelaksanaan PNPM-MPd" adalah thema yang diusung dalam Pelatihan PL.

Pelatihan yang diselenggarakan di Hotel Sangalla' ini, rencananya akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 28 s/d 30 Juni 2012, dan diikuti oleh seluruh Pengurus UPK dan PL dari 19 Kecamatan se-Kab. Tana Toraja.

Fasilitator Keuangan (FASKEU) Kab. Tana Toraja, Tati' Marthina Batti', SE yang dimintai keterangannya sehubungan dengan pelaksanaan pelatihan ini mengatakan bahwa Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja para pengelola UPK dan PL pada kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan. Karena dengan kinerja yang baik maka program yang dilaksanakan juga akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Dalam pelatihan ini diikuti oleh semua pengurus UPK dan PL PNPM-MPd dari 19 Kecamatan se- Kabupaten Tana Toraja yang semuanya berjumlah ±76 orang peserta.

Pelatihan dimulai pada hari Kamis, 28 Juni 2012 bertempat di Aula Hotel Sangalla' dan secara resmi dibuka oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Lembang (BPML) Kab. Tana Toraja, Ruben R, Randa, SE. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Pengurus UPK dan PL PNPM-MPd diharapkan mampu untuk bisa meningkatkan kinerjanya pada setiap kegiatan PNPM-MPd, karena apabila kinerja Pengurusnya meningkat maka tujuan PNPM-MPd akan lebih mudah dicapai. Semoga pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Sangalla' ini akan berlangsung dengan baik.

Selama 3 hari peserta akan dibekali beberapa materi pelatihan yang disampaikan oleh para narasumber. Diantaranya: Perencanaan keuangan, Membangun Kemitraan dan Jaringan, Strategi Manajemen, Penanganan Masalah, Charakter Building, dan lain-lain. Selain itu PL juga mendapatkan materi seputar fasilitasi dan ke-Teknik-an.

Pelatihan ini ditutup dengan agenda penyerahan penghargaan bagi peserta terbaik yang berhasil diraih oleh Daud Brony (Ketua UPK Kec. Makale Selatan) sebagai perserta terbaik I dan Ruth Y. Padang (Ketua UPK Kec. Makale Utara) sebagai peserta terbaik II untuk kelas UPK.

Penyerahan hadiah di lakukan oleh Faskab Tana Toraja Ir, M. Amal Alba untuk terbaik I dan Fastekab Tana Toraja, M. Iqbal, ST menyerahkan hadiah bagi peserta terbaik II kelas UPK, sementara FASKEUKAB Tana Toraja, Tati' Marthina Batti', SE menyerahkan hadiah bagi peserta terbaik kelas PL.

Penutupan pelatihan ini dilakukan oleh FASKAB Tana Toraja, Ir, M. Amal Alba dilaksanakan tepat pukul 17.00 WIB pada hari Sabtu 30 Juni 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!