Sabtu, 15 September 2012

PNPM - LMP Prop. Sulsel Gelar Pelatihan UPK dan PL di Masamba, Kab. Luwu Utara.

PNPM-Lingkungan Mandiri Perdesaan Merupakan Program Yang Terintegrasi Kedalam PNPM-Mandiri Perdesaan. Dengan langkah pengintegrasian komponen lingkungan hidup dan pelestarian sumber daya alam kedalam Progam PNPM Mandiri Perdesaan, maka kegiatan ini akan mengutamakan perbaikan dan pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam secara lestari kedalam salah satu Program Nasional dalam Penanggulangan Kemiskinan yang terintegrasi di Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kinerja para pengelola UPK dan PL pada kegiatan PNPM Lingkungan Mandiri Perdesaan, maka PNPM - LMP Propinsi Sulawesi Selatan menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dan Pendamping Lokal (PL) se Propinsi Sulawesi Selatan di Hotel Agro Meli, Kec. Masamba, Kab. Luwu Utara dan direncanakan akan berlangsung selama 3 hari. 12 - 14 Oktober 2012. 

Kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi Pengurus UPK dan PL Se- Propinsi Sulawesi Selatan ini diikuti oleh seluruh Pengurus UPK dan PL dari 3 lokasi PNPM - LMP di Sulawesi Selatan, yaitu Kab. Maros, Kab. Wajo, dan Kab. Tana Toraja.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi Pengurus UPK dan PL yang dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi PNPM - LMP Prop. Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat ini secara resmi dibuka oleh Penanggungjawab Operasional Kegiatan PNPM - LMP Kab. Luwu Utara, Andi Rahmat Purnama, S. STP.

Hadir dalam acara pembukaan Peningkatan Kapasitas bagi UPK dan PL yang dirangkaikan dengan Rakor PNPM - LMP se-Sulselbar ini, Penanggungjawab Operasional Kegiatan (PjOK) Kab. Luwu Utara, Andi M. Gazali, S.STP, Asisten SP2M Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Dahlan, Specialis PNPM - LMP Prop. Sulawesi Selatan, Djasman, SP, MP, Specialis Keuangan, Ruslan Remmang, SH, MH, Specialis MIS Prop. Sulsel, Thayeb, Specialis PLTMH, Nur Alam, Para Asisten Tenaga Ahli Lingkungan (ASTAL) dan Para Asisten PLTMH se-Prop. Sulsel.

Pelatihan / Peningkatan Kapasitas kali ini berbeda dengan pelatihan UPK dan PL sebelumnya, yang hanya mendengarkan di dalam ruangan dan bergelut di administrasi, dalam pelatihan UPK dan PL kali ini adalah bermain sambil belajar, di mana peserta di ajak untuk bermaian dengan permainan game outbond serta Study Banding ke UPK Mitra Sejahtera Kec. Sukamaju, yang merupakan peraih predikat ketiga terbaik tingkat Nasional, dan ke UPK Kec. Sabbang. 

Di UPK Mitra Sejahtera, Kec. Sukamaju, para peserta pelatihan dapat berdiskusi dengan para pengurus UPK MItra Sejahtera tentang bagaimana mengelola UPK sehingga dapat memperoleh predikat terbaik ketiga tingkat Nasional. Sementara di Kec. Sabbang, Para peserta berkunjung ke salah satu kegiatan pembangunan PLTMH, dimana dalam pekerjaan pembangunan PLTMH ini, partisipasi dan Swadaya masyarakat serta dukungan para stake holder dapat dijadikan contoh yang baik. Selain melakukan study banding, peserta juga diajak bermain dengan permainan outbond dengan tema - tema Team Building (Membangun Kerjasama Tim)
(Fuad. A)
Suasana Acara Penutupan Pelatihan dengan hiburan Electone

3 komentar:

  1. Mantap....kegiatan pelatihan dengan suasana lingkungan alam....tidak membosankan....moga-moga PNPM-Mandiri Perdesaan juga bisa seperti ini...

    BalasHapus
  2. Moga-moga PNPM lingkungan lanjut terus bro.....

    BalasHapus
  3. kita berharap dalam wkt dekat ini ada kepastian untuk PNPM LMP, smoga kenangan masamba bisa terulang lg untuk keg peningkatan kapasitas pelaku yang dilaksanakan dalam susana yang berbeda ( materi Luar ruangan ).Dan kita berharap apa yang dialami oleh peserta membawa semangat baru untuk mengatakan Don't Stop PNPM LMP

    BalasHapus

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!