Selasa, 13 November 2012

RBM Kab. Tana Toraja Gelar TOT bagi TPM

Training of Trainer (TOT atau Pelatihan untuk Pelatih) bagi Tenaga Pelatih Masyarakat (TPM) Kecamatan untuk kedua kalinya kembali dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 November 2012, bertempat di Aula Hotel Sangalla', Kabupaten Tana Toraja. 

TOT kali ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (SEKDA) Kab. Tana Toraja, Enos Karoma, SH, MH. Peserta berjumlah 38 orang TPM dari 19 kecamatan di seluruh Kab. Tana Toraja. dan yang bertindak sebagai penyelenggara adalah bidang Pelatihan Masyarakat RBM. Materi TOT kali ini materi - materi yang berhubungan dengan penyelenggaran pelatihan masyarakat. Bertindak sebagai pelatih adalah Tim Faskab PNPM-MPd Kab. Tana Toraja, para FK dan seorang pelatih dari LSM. 

SEKDA kab. Tana Toraja, dalam sambutannya menjelaskan tentang tujuan dari pada diluncurkannya program Ruang Belajar Masyarakat ini 
"Tujuan dar Program RBM adalah Terjadinya peningkatan kesadaran kritis, kapasitas, dan daya kolektif masyarakat dalam rangka menuju cita-cita masyarakat yang makin mandiri dan sejahtera." Ungkap Enos.

Sementara itu Faskab PNPM - Mandiri Perdesaan Kab. Tana Toraja, Ir. M. Amal Alba mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pelatihan lanjutan. 
“Kegiatan Training of Trainer TOT ini merupakan lanjutan dari teori dasar yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Dimana pada tahun ini ada beberapa hal yang harus dilakukan, menyangkut masalah pengawasan berbasis masyarakat dengan melibatkan tim monitoring dari PNPM-MP sendiri,” ujarnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Pokja RBM Kab. Tana Toraja, Junus N, Seang Tana, SH mengungkapkan pelaksanaan kegiatan TOT tersebut adalah menggunakan anggaran Tahun 2012. Sedangkan tujuan kegiatan itu menurut Junus adalah untuk menigkatkan kapasitas TPM, meningkatkan ketrampilan dalam menggunakan media pembelajaran serta mampu dalam memilih metode yang sesuai kebutuhan. 
“Peserta diharapkan dapat menjadi peatih yang bisa mengaplikasikan program PNPM Mandiri Perdesaan kepada masyarakat luas. Selain itu juga dapat membawa misi PNPM Mandiri Perdesaan kembali pada kiprahnya,” papar Junus.

1 komentar:

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!