Selasa, 24 Juli 2012

BPML Kab. Tana Toraja Gelar Semiloka DPRD dan SKPD PNPM-MPd

Untuk mengatasi penanggulangan kemiskinan dan pengangguran Pemerintah Pusat dan Daerah telah melaksanakan berbagai terobosan dan program, diantaranya melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan atau PNPM-MPd.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung SE, pada pembukaan Semiloka DPRD PNPM-MPd di Aula Hotel Pantan, Selasa (24/7).
”Untuk itu perencanaan integratif harus dilakukan. Semiloka ini merupakan moment yang baik untuk mengevaluasai dan meningkatkan kulaitas pelaksanaan PNPM-MPD di Tana Toraja” ujar Bupati Theofilus.
 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Semiloka yang juga adalah sekretaris BPML Kab. Tana Toraja, Yurinus Tangkelangi', SH, MH dalam laporannya menyampaikan beberapa tujuan dari pada pelaksanaan semiloka ini sebagai berikut : Tujuan Semiloka DPRD dan Semiloka SKPD dalam rangka PNPM Mandiri Perdesaan adalah :
  1. Memperkuat komitmen DPRD dan SKPD dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. 
  2. Memperkuat koordinasi lintas sektor dalam program-program pemberdayaan masyarakat maupun penanggulangan kemiskinan. 
  3. Menyusun rencana strategis program penanggulangan kemiskinan di daerah. 
  4. Memperkuat forum DPRD dan SKPD dalam menyusun rencana kerja pembangunan desa.
Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kab. Tana Toraja, Semuel Eban K Mundi berharap dengan adanya kegiatan semiloka bisa benar-benar berjalan sesuai dengan yang diharapkan, karena pembangunan di Tana Toraja ini sangat banyak, namun tidak dibarengi dengan pemeliharan sehingga setelah di kerjakan dibiarkan begitu saja, dan jika terjadi kerusakan itu akan dibiarkan saja. 

“Kita juga berharap agar program pembangunan yang mengucur di kabupaten ini bisa berjalan sesuai dengan harapan kita semua dan disertai dengan pemeliharan yang bisa meminimalisir terjadinya kerusakan kedepannya,” harap dia. 
Lebih jauh dikatakannya, pembangunan daerah merupakan bagian integral dari pelaksanaan pembangunan nasional serta tidak terlepas dari prinsip-prinsip otonomi yang terwujud dengan memberikan kewenangan yang luas, nyata dan bertanggungjawab kepada daerah secara profesional dengan lebih menekankan prinsip-prinsip demokrasi, dan peran serta masyarakat. 

Kegiatan Semiloka DPRD dan SKPD PNPM - MPd Kab. Tana Toraja ini rencananya akan dilaksanakan selama dua hari dan dihadiri oleh para anggota DPRD, SKPD, Pelaku PNPM, dan tokoh-tokoh masyarakat se-kab. Tana Toraja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!