Sabtu, 19 Januari 2013

ALOKASI DANA BLM KEC. REMBON MENGALAMI PENURUNAN SIGNIFIKAN

Sabtu, 19 Januari 2013, bertempat di Aula Kec. Rembon, Kegiatan Musyawarah Antar Lembang/Kelurahan (MAL/K) Prioritas Usulan Kec. Rembon T. A. 2013 secara resmi di buka oleh Camat Rembon, Martinus Paonganan, SH. 

Kegiatan Musyawarah Lembang/Kelurahan (MAK/L) Prioritas Usulan ini dipimpin langsung oleh Ketua BKAL/K kecamatan Rembon, Lukas Paluttu dan dihadiri oleh Kepala Lembang/Kelurahan se kecamatan Rembon, Tim Pengelola Kegiatan (TPK), Tokoh-tokoh Masyararakat, Tokoh Perempuan, Tokoh Agama, serta beberapa undangan lain yang juga mempunyai kepedulian terhadap pembangunan daerahnya. 

Camat Rembon, Martinus Paonganan, SH dalam sambutannya menyampaikan Musyawarah Antar Lembang/Kelurahan (MAL/K) Prioritas Usulan merupakan ajang kompetisi antar desa untuk menentukan peringkat usulan-usulan yang diajukan untuk didanai oleh PNPM-MPd, baik usulan ekonomi, pendidikan, kesehatan, maupun sarana dan prasarana. Diharapkan proses MAD Prioritas Usulan ini dapat menghasilkan keputusan yang terbaik dan dalam pengambilan keputusan nantinya lebih mengedepankan prinsip musyawarah dan mufakat. 

Mengenai Besaran dana BLM yang akan dikucurkan ke kecamatan Rembon untuk tahun anggaran 2013, Camat Rembon mengatakan mengalami penurunan. Dari 3 M pada tahun 2012 menjadi 1,1 M untuk tahun Anggaran 2013. 

Di tempat yang sama, Fastekab PNPM - MPd Kab. Tana Toraja, M. Iqbal, ST, menyampakan tentang pentingnya pelibatan masyarakat dalam hal penyusunan RAB & Design sebuah kegiatan.

"Kalau selama ini keterlibatan masyarakat dalam hal penyusunan RAB & Design sangat kurang, maka kedepan, partisipasi masyarakat khususnya Kader Teknik yang telah menerima pelatihan akan lebih ditingkatkan, Sehingga diharapkan dengan keterlibatan masyarakat dalam penyusunan RAB & Design, permasalahan keterlambatan pekerjaan yang selama ini terjadi dapat diminimalisir”Ujar Iqbal. 

Sebagai informasi bahwa Untuk tahun Anggaran 2013 kec. Rembon mendapatkan dana BLM sebesar Rp. 1,1 M, yang mana pada tahun anggaran sebelumnya (2012) Alokasi dana BLMnya sebesar Rp. 3 M.. 

Fasilitator Teknik Kec. Rembon Rahmat Hidayat, ST, yang berhasil dikonfirmasi tentang jumlah dana BLM untuk kec. Rembon Tahun Anggaran 2013 membenarkan informasi tersebut. 

“Untuk Tahun Anggaran 2013, Alokasi dana BLM untuk Kec. Rembon mengalami Penurunan yang cukup signifikan. Kalau di Tahun Anggaran yang lalu (2012) Kec. Rembon mendapatkan alokasi dana BLM sebesar Rp. 3 M, maka tahun ini Kec. Rembon hanya mendapatkan alokasi dana sebesar Rp.1,1 M”. Ujar Rahmat. 

Dijelaskannya, bahwa penurunan alokasi dana BLM untuk kec. Rembon, dipengaruhi oleh beberapa faktor. “Di satu sisi penurunan alokasi dana BLM untuk Kec. Rembon harus kita syukuri, karena salah satu indikator dalam penetapan besaran alokasi anggaran BLM suatu kecamatan didasarkan pada jumlah masyarakat miskin di kecamatan bersangkutan. Dengan terjadinya pengurangan alokasi dana tahun ini (2013) berarti masyarakat miskin sudah semakin berkurang. Namun di sisi lain, masih banyak pekerjaan pembangunan infrasturktur yang masih membutuhkan dana yang cukup besar”.Jelasnya. --- (Fuad. A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!