Sabtu, 17 Maret 2012

UPK Makale Utara Study Banding ke UPK Mitra Sejahtera Kec. Sukamaju, Kab. Luwu Utara

Amazing...., demikian kata yang terlontar dari mulut ketua UPK Kec. Makale Utara, Ruth Y. Padang, saat pertama kali menginjakkan kaki di halaman kantor Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Mitra Sejahtera, PNPM-Mandiri Perdesaan Kec. Sukamaju, Kab. Luwu Utara.

Kedatangan Ruth beserta rombongan di Sukamaju adalah dalam rangka melakukan study banding ke UPK terbaik ke-3 Tingkat Nasional tersebut.

Study banding ini akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu sejak tanggal 16 - 17 Maret 2012. Rombongan study banding UPK Kec. Makale Utara Kab. Tana Toraja tersebut terdiri dari Pengurus UPK Kec. Makale Utara (Ketua, Sekretaris, Bendahara), BKAD, BP-UPK, dan Tim Verifikasi. Ikut dalam rombongan ini, Ketua Forum UPK Kab. Tana Toraja (FORUMTA) Nataniel Iran Tokko, SE - Divisi Media RBM Kab. Tana Toraja, Fuad Amry - FT Kec. Makale Utara, Hernita, ST - Faskab Tana Toraja, Suherman Asiz, SP - PjOKab Tana Toraja, Ester Allorerung, SKM, MSi, dan Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Lembang (BPML) Kab. Tana Toraja, Yurinus Tangkelangi', SH, MSi.sebagai kepala Rombongan.

Kedatangan Rombongan Study banding UPK Kec. Makale Utara di Kab. Luwu Utara disambut oleh Kepala BPMD Kab. Luwu Utara, Drs. H. Syamsul Bachri, yang didampingi oleh PjOKab Luwu Utara, Andi M. Gazali, S.STP, Faskab Luwu Utara Ir, M. Amal Alba, Fastekab Luwu Utara, Ir, Ridwan, FaskeuKab Luwu Utara, Ir, Y. Muslimin, serta sejumlah pelaku PNPM Kab. Luwu Utara di Kantor Daerah Kab. Luwu Utara.

Menurut Sekretaris BPML Kab. Tana Toraja, Yurinus Tangkelangi, SH, MSi, Tujuan diadakannya Study Banding ini adalah untuk menambah wawasan Pengurus UPK, khususnya UPK Kec. Makale Utara dalam mengelola kegiatan di kecamatannya. Dijelaskan Yurinus, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan SDM dari para UPK serta menggali potensi dari UPK Mitra Sejahtera, Kec. Sukamaju yang mempunyai kelebihan dan dianggap berhasil dalam pengelolaan Kegiatannya, sehingga berhasil meraih predikat terbaik ke-3 tingkat nasional.

Sementara itu, Ketua UPK Kec. Makale Utara, Ruth Y. Padang, mengatakan bahwa ia ingin belajar dari UPK Mitra Sejahtera.

'Kami ingin belajar jurus-jurus apa yang digunakan Pengurus UPK Sukamaju sehingga bisa meraih prestasi sebagai terbaik ke III tingkat Nasional tersebut,'' Kata Ruth.

Dalam acara sharing pengalaman, ketua UPK Mitra Sejahtera, Zainal AZ, SE mengatakan bahwa pada dasarnya apa yang mereka lakukan di Mitra Sejahtera tidak berbeda jauh dengan apa yang di lakukan oleh UPK Kec. Makale Utara, Karena kita masih berpedoman pada satu aturan yang sama yaitu PTO (Petunjuk Operasional kegiatan).

"Kreativitas, koordinasi dan kesungguhan dalam mengembangkan lembaga UPK menjadi kata kunci keberhasilan yang kami alami sampai saat ini,'Kata Zainal
Disampaikan, UPK Mitra Sejahtera Kec. Sukamjau, Kab. Luwu Utara hingga saat ini memiliki aset produktif sebesar Rp 2,223 miliar, dan baru diakses 71 kelompok dari 25 desa. Para peminjam rata-rata petani kebun dan sayur-sayuran.“ungkapnya.

1 komentar:

  1. Semoga studi banding teman-teman UPK, BKAD,BP-UPK,Tim Verifikasi, FORUMTA, Kelompok SPP Kec. Makale Utara ini dapat membuka dan memperluas wawasan untuk pengembangan UPK di Kab. Tana Toraja.....maju terus..salam sikompok......

    BalasHapus

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!