Minggu, 01 April 2012

RBM Tana Toraja Gelar Pelatihan Advokasi Hukum

Tana Toraja-Kepala BPML Kab. Tana Toraja diwakili oleh Sekretaris BPML Yurinus Tangkelangi',SH, MH membuka secara resmi Pelatihan Advokasi Hukum yang diselenggarakan oleh RBM Kab. Tana Toraja PNPM Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2011 di Hotel Sangalla', 1 April 2012.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut, Kajari Kab. Tana Toraja,Raimel Jesaya, SH, MH , Asisten Faskab PNPM-MPd, Syafaruddin, SP, Pemerhati Pemberdayaan Masyarakat, Alloysius Lande' dan peserta pelatihan se kab. Tana Toraja.

Sekretaris BPML Kab. Tana Toraja, Yurinus tangkelangi', SH, MH dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada RBM yang telah menyelenggarakan Pelatihan Advokasi Hukum. Yurinus berharap agar para peserta pelatihan betul-betul menyerap ilmu dan pengalaman para pemateri yang memang mempunyai latar belakang hukum yang mumpuni.

Selain itu Yurinus juga mengharapkan kepada para peserta kelak bukan hanya mengadvokasi semua yang berhubungan dengan PNPM-MPd tetapi lebih global mengadvokasi semua problematika yang dihadapi masyarakat di desanya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Makale, Raimel Jesaya, SH, MH, menghimbau jika masyarakat mendapatkan data tindakan pelanggaran, terkait kinerja dan ruang lingkup kejaksaan, segera laporkan. Pihaknya akan turun untuk melihat langsung. “Asalkan datanya lengkap kami turun,” tegas Ramel yang baru beberapa bulan memimpin Kejari Makale Tana Toraja.
Peserta Pelatihan Advokasi Hukum yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari tersebut berjumlah 57 orang yang berasal dari 19 Kecamatan.

Adapu materi yang disajikan pada Pelatihan Advokasi Hukum diantaranya adalah:
1. Dasar-Dasar Ilmu Hukum
2. Analisis Sengketa
3. Merumuskan Strategi Penyelesaian Sengketa Berbasis Kerafian Lokal
4. Penyelesaian Sengketa melalui Mekanisme Hukum
5. Keterampilan Negoisasi dan Mediasi
6. Membangun kerja advokasi dan kesepakatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!