Minggu, 13 Maret 2011

Anggaran PNPM Mandiri Pedesaan Sulsel Turun

Makassar - Anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan Sulawesi Selatan pada 2011 turun menjadi Rp352 miliar dari Rp465 miliar tahun 2010.

Ketua Penanggung Jawab Operasional Kerja PNPM Mandiri Pedesaan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrir Kube di Makassar, Kamis, mengatakann penurunan alokasi anggaran tersebut karena sejumlah kabupaten telah memasuki tahap pengembangan.

"Namun jika dalam perjalanannya nanti anggaran tersebut masih belum cukup memadai, Pemprov Sulsel dapat mengusulkan tambahan anggaran pada APBN Perubahan 2011," katanya.

Anggaran PNPM Mandiri Pedesaan pada 2011 akan disalurkan kepada 236 kecamatan di 20 kabupaten. Alokasi anggaran terbesar di Kabupaten Luwu, Toraja Utara dan Tana Toraja, sedangkan yang terendah di Soppeng sebesar Rp4,3 miliar.

Fokus pemanfaatan anggaran adalah untuk pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pendidikan dan kesehatan.

"Ditargetkan alokasi anggaran tersebut telah terealisasi seluruhnya pada Mei 2011," katanya.

Ia mengatakan, evaluasi terakhir BPM Sulsel menyebutkan selama empat tahun program ini berjalan, telah menunjukkan hasil dengan membaiknya sejumlah infrastruktur terutama jalan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!