Jumat, 15 Juli 2011

Pelatihan BKAD/L Kab. Tana Toraja

Dalam Rangka peningkatan kapasitas pelaku PNPM, maka Pihak Pengelola Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kab. Tana Toraja menyelenggarakan Pelatihan Badan Koordinasi Antar Desa/Lembang (BKAD/L) Tahun Anggaran 2011. Pelatihan BKAD/L yang mengambil tempat di Hotel Sangalla' Tana Toraja ini, direncanakan akan berlangsung selama 2 hari, yaitu sejak tanggal 14 Juli s/d 16 Juli 2011.
Ketua Panitia, Rocky Marthen, SE, dalam laporannya melaporkan bahwa kegiatan pelatihan ini akan diikuti oleh 57 orang peserta yang terdiri dari Ketua BKAD, Sekretaris dan Bendahara dari 19 Kecamatan yang ada di Tana Toraja. Namun sampai dengan acara pembukaan, peserta yang hadir baru mencapai 33 orang peserta. Sumber dana Pelatihan BKAD/L ini bersumber dari Dana Operasional kegiatan (DOK) Pelatihan Masyarakat masing-masing kecamatan.

Ditempat yang sama, Asisten Fasilitator Kabupaten Tana Toraja, Syafaruddn, SIP dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun 2010 telah terbentuk Forum Badan Koordinasi Antar Desa/L kab. Tana Toraja. Namun sampai saat ini belum ada kegiatan yang nampak dari Forum BKAD/L ini. Kemungkinan kendala yang dihadapi oleh Forum ini adalah masalah ketiadaan dana, sehingga perlu dipikirkan agar Forum BKAD/L dapat membuat jaringan yang bisa membantu kelancaran kerja dari BKAD/L.

Sementara itu, Dice Kondorura, Asisten III Pemerintah Kab. Tana Toraja, dalam sambutannya sebelum membuka pelatihan ini menyampaikan bahwa pelatihan ini memiliki makna penting dalam mengoptimalkan keberadaan BKAD, juga sebagai langkah strategis dalam memberdayakan potensi pemerintahan dan masyarakat desa. Selanjutnya Dice Kondorura menyampaikan bahwa BKAD/L harus mampu membangun jaringan, sehingga dengan adanya jaringan-jaringan yang terbangun tersebut akan memudahkan BKAD/L dalam mengkoordinasikan segala kegiatan pembangunan yang ada di wilayahnya masing-masing.

"BKAD/L harus mampu Mengkoordinasikan kegiatan dan kelembagaan antar desa, serta mengembangkan kerjasama dengan pihak ketiga, sehingga dengan demikian diharapkan BKAD/L akan mampu merumuskan rencana strategis, pengawasan berkala, tindak lanjut penanganan masalah, serta evaluasi kerja." Kata Dice.

2 komentar:

  1. Mantap PNPM Tana Toraja.......!!!!!!
    Salam untuk pak Rocky dan Asisten Faskab Tator.
    Maju terus PNPM Tator...

    BalasHapus
  2. Iyo tawwa, Pak Rocky...........

    BalasHapus

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!