Kamis, 08 Desember 2011

Kepala BPMD Buka Pelatihan CBM RBM Kab. Tana Toraja

Kepala Badan Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Tana Toraja, Bapak Yulianus Tandisau', SIP, membuka secara resmi pelatihan lanjutan pengawasan dan pemantauan berbasis masyarakat (CBM) yang dilaksanakan Pokja RBM PNPM MPd Kab. Tana Toraja di Hotel Sangalla', Kamis, 8 Desember 2011.

Dalam kesempatan itu, Yulianus Tandisau', SIP, meminta agar seluruh peserta dari 19 kecamatan itu serius mengikuti seluruh materi yang disajikan dalam pelatihan tersebut. "Saya minta agar materinya benar-benar dipahami. Menurut saya, materi ini, khususnya yang berkaitan dengan pengawasan, sangat diperlukan ke depan," katanya.

Bapak Yulianus Tandisau', SIP menegaskan, mekanisme atau sistem pengawasan berbasis masyarakat menjadi unsur penting dalam mengawal dan meningkatkan etos kerja pelaksanaan PNPM MPd di Kab. Tana Toraja.

“Salah satu aspek penguatan yang perlu menjadi perhatian kita bersama dalam menyelenggarakan pemerintahan, adalah kemampuan masyarakat untuk memahami aspek hukum dan pengawasan/pemantauan berbasis masyarakat,”tambahnya.

Senada dengan Kepala BPMD Kab. Tana Toraja, Ketua Pokja RBM Tana Toraja, Bapak Yunus N. Seang Tana, SH, juga mengharapkan agar para peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini sampai tuntas, agar ilmu yang diterima dari pelatihan ini tidak setengah-setengah, sehingga dalam mengaplikasikannya juga dapat maksimal.

Kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Sangalla' ini rencananya akan diselenggarakan selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 08 Desember - 10 Desember 2011.

Dalam Laporannya, Ketua Panitia, Yang juga adalah Bendahara Pokja RBM Kab. Tana Toraja, Daud Brony, mengatakan bahwa pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, dan akan diikuti oleh 57 orang peserta yang merupakan utusan dari 19 kecamatan yang ada di Tana Toraja, dimana setiap kecamatan mengirimkan 3 orang utusan.

Sedangkan tujuan dari Pelatihan ini Kata Daud, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. dalam hal pengawasan pembangunan berbasis masyarakat.

Hadir dalam acara pembukaan pelatihan CBM ini, Fasilitator Keuangan Kabupaten Tana Toraja, Bapak Drs. M. Amin Ahmad, Asisten Faskab Tana Toraja, Syafaruddin, SP, Asisten FasTeKab Tana Toraja, M. Jufri Manga', ST, dan Ketua Pokja RBM Kab. Tana Toraja, Bapak Yunus N. Seang Tana, SH, serta beberapa pengurus Pokja RBM Kab. Tana Toraja.

Soemaryasin, salah seorang peserta yang mengikuti Pelatihan Bidang CBM (Pengawasan Berbasis Masyarakat) menyampaikan bahwa Pelatihan ini sangat bagus, karena akan memberikan pencerahan bagi masyarakat dalam memaknai Pengawasan oleh Masyarakat. Sehingga kepedulian masyarakat benar-benar terwujud untuk ikut mengawasi pelaksanaan kegiatan apapun yang notabene menyangkut hajat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!