Jumat, 09 September 2011

PNPM MPd Tana Toraja Gelar Semiloka

Semiloka pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat, dalam penyiapan dana daerah dan memperkuat penyusunan Rencana Kerja Pembangunan desa digelar selama 2 hari (7-8 September 2011) di Hotel Pantan Tana Toraja.

Kondisi kemiskinan menjadi sorotan dalam Kegiatan Semiloka antara DPRD Tana Toraja dan SKPD Tana Toraja tersebut. Program-program pro rakyat menjadi bahan diskusi diantara jajaran eksekutif dan legslatif Tana Toraja itu. Diantaranya bidang pendidikan, kesehatan usaha mikro, koperasi serta bidang pembangunan daerah khususnya PNPM-Mandiri pedesaan

Pemberdayaan masyarakat dalam penyiapan dana daerah dan memperkuat penyusunan Rencana Kerja Pembanguan Desa (RKPD), serta memperkuat komitmen antara DPRD Tana Toraja, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat dan masyarakat merupakan sebagian dari pada tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam Semiloka tersebut.

DR.Ir.Yunus Sirante, M.Si, Kepala Bappeda Tana Toraja, yang menjadi salah satu pemateri dalam semiloka tersebut, menegaskan, perencanaan pembangunan desa kedepan agar lebih ditingkatkan, dan di perluas. menurutnya program PNPM-Mandiri yang tengah bergulir, masih menitik beratkan pada pembangunan Infrastruktur jalan. Diharapkannya PNPM-Mandiri dapat mengembangkan sayapnya di bidang pendidikan, kelompok perempuan dan lainnya.

"Kita tak akan pernah bisa maju dan berkembang bila berharap selamanya dari APBD semata. Sebaba Jika kita hanya mengharapkan APBD, maka daya beli masyarakat rendah" Jelas Yunus Sirante.

Sebagai pemateri lainnya pada Semiloka tersbut yaitu Kabid TTG.BPMDK Provinsi Sul-sel, DR.H.A.Syahrir Kube,S.M.Si, Sekda Tana Toraja, Enos Karoma dan juga Fasilitator Kabupaten PNPM-Mandiri Pedesaan Tana Toraja Suherman.SP.

Semiloka dua hari yang dilaksanakan oleh PNPM Mandiri Perdesaan Tana Toraja bekerja sama dengan Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa/Lembang Kab. Tana Toraja tersebut dihadiri oleh DPRD, SKPD, Camat, Kepala Lembang, Lurah, LSM, Tokoh Masyarakat dan pelaku PNPM-Mandiri dari tiap kecamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!