Jumat, 03 Februari 2012

UPK Kec. Makale Bagikan IPTW bagi kelompok SPP

Musyawarah Antar Desa (MAD) Tutup Buku merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh UPK (Unit Pengelola Kegiatan ) PNPM Mandiri Perdesaan Kec. Makale dengan agenda Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan UPK Tahun 2011, Pembahasan Pembagian Laba Surplus UPK, dan RAO UPK Tahun 2012 serta Evaluasi Kegiatan dan Pelaku tingkat Kecamatan.

MAD Tutup Buku ini dilakukan setelah UPK di Audit Keuangan Tahun 2011 dan IST Tutup Buku UPK, karena dengan adanya Tutup Buku UPK ini dapat mengetahui apakah UPK Surplus atau Defisit dan dapat mencegah terjadinya upaya penyalahgunaan Dana dari Pengurus UPK dengan melakukan Audit keuangan UPK. Selain itu pula UPK membuat Rencana Anggaran Operasional UPK Tahun 2012 sehingga dapat melakukan evaluasi setiap bulan apakah target pendapatan UPK yang berasal dari Jasa SPP/UEP, Ops UPK 2 % dari BLM, Bunga Bank dan Pendapantan Lain-lain dapat tercapai atau tidak, karena ke depan diharapkan pengurus UPK berbasis kinerja sebagai indikator untuk kenaikan honor pengurus UPK untuk Tahun berikutnya.

MAD Tutup Buku UPK Kec. Makale, yang diselenggarakan pada hari Kamis, 2 Februari 2012, di Aula Kantor Kec. Makale, resmi dibuka oleh Kepala Seksi Pemerintahan Kec. Makale, Yohanis Ani, mewakili Camat Makale, yang tidak sempat hadir karena adanya kegiatan yang waktunya bersamaan dengan pelaksanaan MAD tutup buku ini.

Selain Camat Makale, ketua BKAD, PT. Tandilino', BA, juga tidak hadir dengan alasan yang sama, sehingga MAD Tutup Buku UPK Kec. Makale T. A. 2011 ini dipimpin oleh Sekretaris BKAD Kec. Makale, Agustinus Talling, ST.

Dalam MAD Tutup Buku ini, Pengurus UPK Kec. Makale, membagikan Insentive Pengembalian Tepat Waktu (IPTW) kepada 10 kelompok SPP yang selama menjadi nasabah UPK Kec. Makale, tidak pernah terlambat dalam mengangsur. Besarnya insentif yang diberikan adalah sebesar bunga angsuran terakhir kelompok.

Sesuai dengan kesepakatan yang diambil dalam MAD Perguliran yang diselenggarakan Tahun yang lalu disepakati bahwa bagi kelompok yang berprestasi (tidak pernah menunggak), akan diberikan reward berupa IPTW atau Insentif Pengembalian Tepat Waktu sebesar bunga angsuran terakhir kelompok.

"Pemberian reward (IPTW) bagi kelompok yang tidak pernah menunggak ini adalah merupakan hasil kesepakatan yang diambil dalam Musyawarah Antar Desa Perguliran". Kata Bendahara UPK Kec. Makale, Hermin Parinding.

"Kami berharap agar kelompok lainnya dapat mengikuti jejak kelompok yang menerima IPTW, sehingga masalah tunggakan tidak lagi menjadi masalah yang selalu menjadi batu sandungan dalam rangka melakukan eksekusi terhadap surplus yang diperoleh oleh UPK Kec. Makale". Tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua UPK Kec. Makale, Drs. D. Kala' Padang mengatakan "Pada dasarnya UPK Kec. Makale untuk tahun 2011 memperoleh surplus yang cukup besar, namun karena tingginya jumlah tunggakan menyebabkan surplus yang diperoleh tidak dapat dieksekusi."

MAD Tutup Buku UPK Kec. Makale ini dihadiri oleh para kepala Lembang/Lurah se kecamatan Makale, wakil-wakil masyarakat, kelompok SPP dan UEP, dan para pelaku PNPM se Kecamatan Makale.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!