Senin, 24 Oktober 2011

Sahid Hotel menjadi tempat Pelaksanaan Pelatihan Kader Teknik PNPM-MPd Kec. Mengkendek

Sedikitnya sekitar 21 kader teknik Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) Kecamatan Mengkendek ikuti pelatihan kader teknik. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan kader teknik lapangan agar siap bekerja di desa/Lembang tugas masing-masing.

Pelatihan KADER TEKNIK di Kacamatan Mengkendek Kab. Tana Toraja ini akan dilaksanakan selama 12 hari, namun dibagi dalam 2 season, yakni season I selama 6 hari begitu pula season II selama 6 hari pula. Untuk pelatihan season I ini rampung pertanggal 29 Oktober 2011. Sementara untuk season kedua akan ditentukan kemudian.

“Pelatihan kader teknik digelar selama 6 hari. Tujuannya, untuk mempersiapkan kader teknik lapangan agar siap menjadi arsitek desa di daerahnya masing-masing,” kata Fasilitator Kecamatan (FK) Kecamatan Mengkendek, Amiruddin, Senin (24/10).

Tampak hadir pada pembukaan pelatihan kader teknik ini, Asisten Fasilitator Kabupaten Tana Toraja, Syafaruddin, S.TP bersama dengan Fasilitator Teknik Kecamatan Makale, Dewi Marlina Tengkano. ST, yang ikut membantu membagi pengetahuan dan pengalamannya.

PjOK Kec. Mengkendek, Alexander Suleman, SE, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Keberadaan masyarakat di tingkat Desa dan Kelurahan perlu diberdayakan, agar mampu mengembangkan kegiatannya secara mandiri, dan untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan seorang kader. Oleh karenanya keseriusan dan perhatian dari segenap peserta pelatihan sangat dibutuhkan dalam pencapaian tujuan dari pada pelatihan ini.

Dari keterangan beberapa peserta, walau pelatihan bidang teknik ini terasa sulit, namun dapat dipelajari dan dipahami berkat bimbingan dan dorongan dari para fasilitator yang memberikan materi.

“Walau terasa sulit awalnya, namun kita tetap bisa paham dari pembekalan materi di bidang teknik. Kami mendapat beberapa ilmu di antaranya bagaimana perhitungan pembangunan jalan, jembatan dan bangunan,” jelas salah seorang peserta.

Ditempat yang sama Fasilitator Teknik Kec. Mengkendek, Rizal, ST mengatakan bahwa materi-materi yang akan disampaikan dalam pelatihan ini diantaranya adalah peran dan tugas kader teknik, karakter kader teknik, rumus geometri atau bangun ruang, menghitung volume bangunan sederhana dan cara mempergunakan rumus 7.

Sementara itu, Bendahara Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM - MPd Kec. Mengkendek, Deniaty Buli, mengatakan bahwa dana yang digunakan untuk kegiatan pelatihan ini berasal dari Dana Operasional Kegiatan (DOK) Peningkatan Kapasitas Masyarakat.(Fuad. A)

1 komentar:

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!