Selasa, 15 November 2011

Peresmian PNPM di Kecamatan Mirit

Peresmian Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Kecamatan Mirit, Kebumen menampilkan aneka produk yang dipamerkan di Desa Sitibentar, tempat pelaksanaan acara tersebut.

Selain kerajinan tangan, produk dari kelompok binaan program itu juga terdapat aneka kerajinan makanan. Bahkan hasil pertanian dari mulai pepaya, semangka hingga jagung.

Peresmian dilakukan oleh Bupati dilakukan oleh Bupati H Buyar Winarso SE ditandai dengan pengguntingan pita di bangunan gedung Taman Kanak-Kanak Desa Sitibentar.
Peresmian hasil kegiatan PNPM lainnya yakni peningkatan jalan dusun dengan perkerasan relford di Desa Kertodeso, pembuatan tembok penahan tanah di Desa Mangunranan dan Desa Winong, pembangunan gedung PAUD di Desa Pekutan, serta pembangunan jembatan dan peningkatan jalan dusun di Desa Patukgawemulyo.

Hadir Kepala Badang Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Dra Siti Alfiah Anggriyani MSi, serta Muspika Mirit.

Bupati berharap agar paska kontruksi harus ada pertanggungjawaban secara berjenjang, baik kepada pemerintah maupun masyarakat, berupa pemberian identitas hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai.

"Dengan demikian, masyarakat akan mengenali hasil karyanya, sehingga akan tumbuh rasa handarbeni untuk mendukung upaya pelestarian mendukung upaya pelestarian," ujarnya.

Bantuan Sosial

Dalam kesempatan itu, diserahkan bantuan sosial di antaranya traktor, bibit kedelai dan padi serta pompa air. Bantuan tersebut diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Selain menampilkan aneka produk, kegiatan tersebut juga ditampilkan kreativitas seni dan warga setempat. Juga hiburan campursari serta karawitan.

Di Kecamatan Mirit tersebut, total dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM Mandiri Perdesan tahun 2011 Rp 2 miliar. Dana tersebut telah dilaksanakan untuk kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di 22 desa.

Bupati Buyar mengemukakan, tahun 2011, Kebumen menerima alokasi dana PNPM Mandiri perdesaan reguler sebesar Rp 52,2 miliar untuk 23 kecamatan, PNPM Mandiri Perdesaan integrasi Rp 5 miliar serta dana alokasi tambahan PNPM Mandiri Perdesaan untuk penanganan dana Bantuan Langsung Masyarakatn (BLM) Rp 6, 075 miliar.

"Sejauh ini, progres pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan secara fisik telah mencapai 80%-90%. Namun banyak juga yang telah mencapai 100%, seperti di Desa Sitibentar ini," katanya. (K5-45)

sumber : koran suara merdeka edisi Senin 14 Nopember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!