Rabu, 30 November 2011

Harapan Perempuan di Objek Wisata Lemo - Kab. Tana Toraja terhadap PNPM

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan disingkat PNPM Mandiri Perdesaan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk memberdayakan masyarakat miskin. Salah satu kegiatanya adalah Simpan Pinjam khusus kelompok Perempuan (SPP) yang menerima pinjaman dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dan dana perguliran disertai dengan pembinaan dan pendampingan usaha.

SPP ini khusus bagi kaum perempuan. Selain untuk mengakomodir usulan kegiatan ekonomi dari kaum perempuan, skema SPP diharapkan menjadi katalisator peningkatan perekonomian rumah tangga miskin (RTM) yang digerakkan kaum perempuan di lokasi program.

Kegiatan pendampingan dan pembinaan terhadap kelompok Simpan Pinjam khusus Perempuan pada umumnya masih sangat perlu untuk ditingkatkan, dengan harapan mampu menjawab kebutuhan dan permasalahan kelompok dan anggota kelompok, sehingga tidak membuat kelompok SPP terkesan hanya menunggu pinjaman dari UPK saja tanpa masa depan yang jelas. Melainkan hasil binaan yang dilakukan oleh Fasilitator Kecamatan dan UPK dapat membantu masyarakat keluar dari permasalahan ekonomi.

Dalam rangka pembinaan tersebut, hari ini Rabu, 30/11 Kabupaten Tana Toraja mendapatkan kunjungan dari 2 orang staf sekretariat PNPM Pusat. Keberadaan kedua staf tersebut di Tana Toraja adalah dalam rangka melakukan monitoring terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PNPM mandiri Perdesaan Kab. Tana Toraja.

Kedua staf dari Sekretariat PNPM Pusat tersebut adalah Bapak Rudy dan Bapak Rully Irawan. Selama berada di Tana Toraja, beliau menyempatkan diri mengunjungi beberapa kelompok SPP pemanfaat dana BLM PNPM Mandiri Perdesaan yang berada di Salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Tana Toraja, yaitu Objek wisata Lemo yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Makale Utara.

Dalam kunjungan tersebut, Bapak Rudy yang menjabat KUT di Sekretariat PNPM Pusat bersama dengan bapak Rully Irawan berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan beberapa Kelompok yang tergabung dalam kelompok SPP Tasiendekan, dengan ketua kelompok Elis Barapadang, dan beberepa Kelompok SPP lainnya yang kesemuanya bergerak dalam bidang usaha Souvenir.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa anggota kelompok SPP, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diterima dari Pengelola PNPM Kec. Makale Utara (UPK -Red), yang telah memberikan bantuan modal usaha sehingga mereka dapat meningkatkan usahanya.

"Apa yang telah diberikan oleh program ini (PNPM -Red), benar-benar sangat membantu kami dalam mengembangkan usaha yang kami kelola. Kelompok kami telah menerima dana bantuan dari PNPM sejak 2009 yang lalu, dan untuk tahun ini kami menerima dana sebesar 80 Juta rupiah yang dimanfaatkan oleh 9 orang anggota kelompok kami. kami berharap agar nilai nominal pinjaman yang diberikan kepada setiap anggota kelompok dapat ditingkatkan."Harap Salah seorang Pengurus Kelompok, Yuliana Ba'tan.

Pada kunjungan ini, turut hadir Asisten Faskab Tana Toraja, Syafaruddin, SP, Asisten Fastekab Tana Toraja, M. Jufri Manga', ST, FK Kec. Makale Utara Dominggus, SE dan FT Kec. Makale Utara, Hernita, ST. serta FT Kec. Gandangbatu Sillanan, M. Arfan ST (Fuad. A)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar anda di sini......!!!!!!